Rapat Persiapan Vaksinasi PMK

0
22
views

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menggulirkan vaksinasi penyakit  mulut dan kuku  (PMK) hewan ternak di tanah air. Sebagai persiapan awal vaksinasi PMK, hari ini (27/6) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melaksanakan rapat koordinasi bersama fungsional Medik Veteriner, Paramedik Veteriner, Petugas IB (Inseminasi Buatan) dan pejabat fungsional bidang peternakan membahas strategi mensukseskan program vaksinasi PMK tersebut.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Joni Hendri, MM menjelaskan dengan 2000 dosis vaksin diharapkan dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit terutama di sentra peternakan seperti Kecamatan Way Serdang, Tanjung Raya dan Simpang Pematang.

“Vaksinasi massal ini merupakan salah satu tindakan konkret  yang dilakukan pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK melalui peningkatan sistem imun hewan yang rentan PMK”, tambah Joni.

Sementara itu, Fungsional Medik Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, drh. Zaenal Indriyanto berharap vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan standart operating procedure yang telah ditetapkan dan para petugas dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target. Kerjasama stakeholder terkait baik peternak, pamong desa maupun petugas kesehatan hewan mutlak diperlukan untuk mensukseskan vaksinasi ini.

“Vaksinasi PMK merupakan langkah simultan bersama upaya lain yang telah kita lakukan selama ini mulai dari pengobatan, pembatasan lalu lintas ternak, pembentukan Tim Reaksi Cepat PMK dan peningkatan kapasitas petugas kesehatan hewan serta komunikasi, informasi dan edukasi PMK”, imbuh Zaenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here