Sering Diakui Negara Lain, Kementan Diimbau Genjot Promosi Buah Lokal

0
2
views
Pepaya lokal

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak kalangan menilai, buah asal dalam negeri masih tak mampu merebut hati masyarakat Indonesia. Padahal dari segi kualitas, buah-buahan Indonesia tak kalah jika dibandingkan dengan buah-buahan impor.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (Dirjen SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag), Widodo, mengatakan, buah-buah asli Indonesia sering diakui oleh negara lain. Parahnya lagi, buah tersebut kembali diimpor oleh Indonesia, padahal sebenarnya buah tersebut adalah hasil petani nasional.

“Seperti kemarin, ada pepaya mereknya California, tapi sebenarnya pepaya itu asal Lumajang, terus kita impor. Kata pak Menteri (Perdagangan), lebih baik pakai nama Lumajang dan lebih digencarkan promosi,” ucap Widodo, saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Jalan MI Ridwan Rais No. 5, Jakarta Pusat, Jumat (20/2/2015).

Maka itu, lanjut dia, pihaknya meminta agar unit Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian (Kementan) agar semakin gencar memasar dan mempromosikan buah-buahan nasional. Pasalnya, buah asal Indonesia mampu menembus pasar internasional jika pemasaran dan promosinya dimaksimalkan.

“Kan yang membina itu pertanian. Kementan punya satu unit pemasaran yang bisa mengekspose buah-buah Indonesia yang luar biasa. Ini harus dimaksimalkan. Sebenernya buah-buah Indonesia mampu (tembus pasar internasional,” pungkas Widodo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here