Sosialisasi Teknologi BPTP Lampung

0
15
views
aplikasi katam

Screenshot_2016-05-02-12-23-19Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah mengembangkan Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu untuk mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Sistem Informasi ini dapat memandu penyuluh dan petani hingga level Kecamatan dalam mengelola kegiatan budidaya tanaman pangan.

Perubahan pola curah hujan harus menjadi perhatian serius dalam mengatur pola termasuk waktu dan luas tanam, agar kesinambungan produksi dan kemandirian pangan nasional tidak terancam. Untuk itu, sangat diperlukan suatu pedoman berupa “Kalender Tanam Terpadu” yang didukung dengan sistem informasi berbasis web yang handal.

Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu merupakan pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, awal waktu tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan kekeringan dan banjir, potensi serangan OPT, serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk, varietas yang sesuai (pada lahan sawah irigasi, tadah hujan dan rawa) berdasarkan prakiraan iklim.

Kamis 28 April 2016 bertempat di Gedung BP3K Kecamatan Simpang Pematang diadakan sosialisasi teknologi yang diberikan oleh BPTP Provinsi Lampung.  Dalam kegiatan sosialisasi tersebut disampaikan materi tentang Kalender Tanam Terpadu (KATAM) dan Penggunaan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR).  Peserta Kegiatan ini adalah Penyuluh Pertanian yang ada di Wilayah Kabupaten Mesuji Sejumlah 30 orang.  Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar Penyuluh Pertanian dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bentuk Kalender Tanam Terpadu (KATAM) yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui sambungan internet dan dapat menggunakan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR) di wilayah binaannya sebagai bahan pertimbangan dalam kegiatan usahatani di wilayah tersebut.

Kalender Tanam Terpadu (KATAM) merupakan website/aplikasi yang dapat dibuka melalui internet atau didownload aplikasinya ke telepon genggam yang berbasis android.  Website/aplikasi ini berisikan rekomendasi teknologi usahatani spesifik lokasi, artinya terdapat rekomendasi pemupukan, waktu tanam, alsintan, varietas kerentanan, dan informasi pendukung lainnya untuk masing – masing wilayah kecamatan.  Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di google play store. (fitriyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here