Sosialisasi Dem Area Budidaya Padi Sehat Di Poktan Maju Jaya Desa Mulya Sari

0
220
views

Musim tanam gadu (MT 2019), kelompok tani Maju Jaya Desa Mulya Sari Kecamatan Mesuji mendapatkan bantuan Dem Area Budidaya Padi sehat seluas 50 Ha dari Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Kegiatan Dem Area tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan contoh kepada petani dalam pengelolaan tanaman padi sehingga aman dari gangguan OPT.

Rabu 24/4/2019, bertempat di kediaman bendahara kelompok diadakan pertemuan untuk membahas teknis kegiatan dem area, pemetaan masalah dan persoalan lain tentang persiapan musim tanam 2019 (gadu). Kegaiatan tersebut dihadiri oleh anggota kelompok, pengurus dan didampingi PPL dan POPT Kecamatan Mesuji. Namun, sebelum acara dimulai pak Sumarji selaku POPT Mesuji dan Ketua Poktan Maju Jaya harus ke KTM untuk menanda tangani surat jalan penerimaan dolomit.

PPL menjelaskan bahwa kegiatan dem area budidaya padi sehat, diawali dengan perbaikan tanah pH tanah, yakni dengan melakukan pengapuran dengan dosis 1 ton/ha dan penggunaan pupuk organik. Selain itu dalam kegiatan budidayanya akan fokus dengan konsep PHT (Pengendalian Hama Terpadu), dimana petani akan di bimbing Oleh POPT tentang pengenalan musuh alami, penanaman tanaman refugia dan penggunaan agen pengendali hayati. Penggunaan pestisida diperbolehkan akan tetapi atas rekomendasi POPT, apabila tingkat serangan OPT telah melebihi ambang batas ekonomi.

Dalam sosialisasi tersebut juga dibahas tentang permasalahan transportasi, dimana dolomit sejumlah 50 ton telah tiba Mesuji, namun terkendala jalan yang tidak dapat dilalui olen kendaraan pengangkut barang, sehingga harus di bongkar di pinggir primer KTM. Berdasarkan hasil musyawarah, dolomit tersebut akan diangkut menggunakan “otok” (perahu) melalui jalan air menuju desa Mulya sari.

Kontributor: Muaddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here