Tanaman Tembakau Tumbuh Subur di Desa Wira Bangun Kec. Simpang Pematang

0
22
views
Budidaya Tembakau Desa Wirabangun

Tanaman tembakau ternyata cocok ditanam di Kab. Mesuji, hal ini dilakukan setelah pada tahun ini Dinas kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Mesuji melaksanakan program penanaman tanaman tembakau dengan menyalurkan bantuan sarana produksi pertanian berupa bibit dan obat-obatan dan pompa air (alkon) kepada petani.

Pengamatan Tanaman Tembakau Desa WirabangunPada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2015 bertempat dilahan sawah milik Bapak Poniman seluas 0,5 hektar di desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang, Plt. Kasi Pengelolaan air dan Perlindungan Tanaman Mus’ab Cholidin, S.P dan staf Bpk. Katiyo dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan didampingi penyuluh pendamping meninjau langsung perkembangan tanaman tembakau yang sampai saat ini telah berumur 72 hari setelah tanam.

Dalam kegiatan tersebut Bapak Poniman selaku petani tembakau mengungkapkan kepuasannya karena tanaman tembakau telah siap untuk dipanen. Sebagian daun tembakau bagian bawah juga telah dipanen, diperam dan dijemur serta dirajang. Hasil tembakaunya pun telah dirasakan dengan dibuat rokok lintingan. “Rasanya lebih nikmat dibandingkan dengan tembakau yang dibeli di pasar” kata Pak Poniman.

Selain itu Bapak Poniman meminta kepada pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk membantu pemasaran. “ Informasi dari petani di Kabupaten Lampung Timur daun tembakau basah dihargai Rp.3000,-/kg” jelas Pak Mus’ab. Selain itu Dinas Kehutanan dan Perkebunan siap membantu mesin perajang untuk mengatasi masalah penangan pasca panen.(Tri / SP )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here