Temu karya : “Pelaku Usaha Ternak Kambing dan Padi Sawah”

    0
    130
    views

    Temu KaryaGedung boga(19/09/14) – salah satu upaya penyuluhan dalam meningkatkan kualitas penyuluhan adalah dengan menggunakan metode penyuluhan temu karya. Arti dari temu karya tersebut berdasarkan peraturan menteri pertanian nomor : 52/Permentan/OT.140/12/2009 tentang metode penyuluhan pertanian yaitu Pertemuan antar pelaku utama untuk bertukar pikiran dan pengalaman serta belajar atau saling mengajarkan sesuatu pengetahuan dan keterampilan untuk diterapkan. Bentuk kegiatannya merupakan ungkapan pengalaman seseorang yang telah berhasil menerapkan suatu teknologi baru di bidang usaha taninya.

    Kabupaten Mesuji sebagai daerah otonomi baru telah memiliki peternak dan petani yang berhasil dalam usahanya sebagai contoh dalam usaha beternak ataupun tanaman pangan. Pengetahuan dan ketrampilan yang di miliki petani tersebut dapat di sebarluaskan dan menjadi panutan dan acuan bagi petani/kelompok tani yang lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya.

    BP4K  Kabupaten Mesuji dalam hal ini sebagai sebuah badan yang menaungi bagi semua penyuluh di Kabupaten Mesuji berinisitif mengadakan kegiatan temu karya sesuai dengan DPA SKPD Tahun Anggaran 2104.  Temu Karya tersebut di tujukan sebagai pertemuan sesama pelaku utama dan pelaku usaha untuk tukar menukar informasi, pengalaman dan gagasan dalam kegiatan usahatani.

    Temu karya oleh BP4K di laksanakan pada tanggal 18 September 2014 bertempat di balai desa gedung boga kecamatan way serdang dengan di ikuti 30 orang peserta yang berasal dari petani anggota kelompok tani yang berasal dari 7 kecamatan yang ada di kabupaten mesuji. Seiring dengan inti dan tujuan dari metode penyuluhan temu karya maka narasumber merupakan pelaku utama dan pelaku usaha di bidang peternakan dan pertanian yang di nilai berhasil di masing-masing bidangnya. Bidang peternakan adalah bapak mujiono yang berprofesi sebagai peternak kambing dan bapak saelan yang berprofesi sebagai petani tanaman pangan.

    Materi yang di sampaikan Bapak Mujiono adalah Teknis Pembuatan silase pakan ternak kambing dan bapak saelan adalah percepatan tanam padi sawah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP).  Silase merupakan teknik pengawetan hijauan pakan ternak yang sangat berguna di samping untuk meningkatkan mutu pakan ternak juga untuk menyiasati ketersediaan pakan pada saat terjadi kelangkaan sumber hijauan sebagai bahan pakan ternak. Agar pelaksanaan penyuluhan berjalan  secara efektif dan efisien dalam kegiatan temu karya kali juga di praktekkan teknis pembuatan silase untuk pakan ternak kambing.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here