Temu Lapang Petani (Farmer’s Field Day) Di Desa Adi Mulyo

0
1846
views

Kegiatan Hari Temu Lapangan Petani (Farmer’s Field Day) sebagai salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antara para petani, peneliti dan penyuluh untuk saling tukar menukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan diharapkan adanya umpan balik dari petani.

adi-mulyo2Kegiatan ini dapat dilaksanakan pada saat panen dan atau pada tahapan proses budidaya untuk menyampaikan pesan terkait dengan penerapan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan produksi dan produktivitas baik pada komoditas padi, jagung, kedelai ataupun aneka cabai sesuai dengan program pembangunan pertanian yang digulirkan pemerintah.

Kegiatan temu lapang petani dilaksanakan di desa Adi Mulyo Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji, pada hari Kamis 10 Nopemer 2016 di Lokasi Budidaya Cabai Milik Bapak Purwanto, dengan topik utama adalah tentang Budidaya Tanaman Cabai. Sebagaimana untuk diketahui bahwa di Kecamatan Panca Jaya pada tahun 2016, mendapatkan bantuan pengembangan cabai melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji seluas 10 Ha yakni di Desa Adi Mulyo seluas 5 Ha dan di Desa Fajar Asri seluas 5 Ha.

adi-mulyo3Kegiatan tersebut dihadiri oleh petani-petani dari Desa Fajar Asri dan Desa Adi Mulyo, Selain itu dihadiri oleh Kepala BP3K Panca Jaya, Haryanto, A.Md beserta Para PPL , POPT, dan PPS Desa Adi Mulyo. Dalam sambutannya Haryanto, A.Md. menyampaikan agar para petani penerima bantuan cabai dapat memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya, karna pada saat ini cabai merupakan salah satu komoditas unggulan dalam pembangunan pertanian.

Pembicara utama pada kegiatan temu lapang adalah bapak Purwanto sebagai pelaku utama Budidaya tanaman cabai. Purwanto menyampaikan tentang teknis penyemaian benih, penyiapan lahan, pemaasangan mulsa hingga dengan penanaman. Kegiatan difokuskan pada diskusi dan sharing pengalaman antar petani. Selain itu, kegiatan tersebut diisi oleh Bapak Prayet selaku POPT yang membahas tentang pengamatan dan Pengendalian OPT pada tanaman Cabai. (Din/PJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here