Temu Teknis Tingkat Kecamatan Panca Jaya Dalam Kegiatan Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan

0
27
views
Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya
Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya
Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya
Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya

Balai Penyuluhan Kecamatan memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Balai Penyuluhan Kecamatan sebagai satuan administrasi pangkal (satminkal) bagi penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan, berperan mengkoordinasikan, mensinergikan, dan menyelaraskan kegiatan-kegiatan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan di wilayah kerjanya.

Dalam rangkaian kegiatan Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan, pada hari Selasa 12 Mei 2015 dilaksanakan Temu Teknis Tingkat Kecamatan Panca Jaya di BP3K Kecamatan Panca Jaya. Kegiatan Temu Teknis di hadiri langsung oleh Kepala BP4K Kabupaten Mesuji (drh. Sri Purwanti), dan Para Kabid serta KJF. Selain itu, hadir Pengurus kelompok tani, PP Swadaya dan PPL sebagai peserta dari kegiatan. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala BP4K dan diteruskan penyampaian materi dan sesi diskusi.

Peserta Kegiatan Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya
Peserta Kegiatan Temu Teknis Tingkat Kecamatan BP3K Panca Jaya

Dalam penyampaiannya Kepala BP4K memaparkan tentang Kegiatan Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan merupakan kegiatan pusat melalui Dana Dekon Satker Bakorluh Propinsi Lampung yang harus dapat terlaksana dengan baik. Tujuan utamanya kegiatan peningkatan kapasitas balai penyuluhan kecamatan adalah untuk meningkatkan kinerja penyuluhan pertanian tingkat kecamatan baik dari sisi kelembagaan penyuluhan dan kemampuan / SDM Penyuluh Pertanian Lapangan, maupun dalam bentuk pelayanan informasi dan teknologi, proses belajar mengajar dan kelembagaan pelaku utama petani di wilayah binaan.

Lebih lanjut kegiatan temu teknis diisi dengan penyampaian materi, Peningkatan Kelas Kelompok Tani oleh Junaidi, S.P., Teknis Demplot oleh Diana, S.P. dan Penyusunan Rencana Kerja Balai Penyuluhan Tingkat Kecamatan Oleh Daliman, S.P. (Muaddin/PJ)