Tips Memilih Timun Suri

0
0
views

Mentimun suri (nama lain adalah timun suri, timun betik atau barteh) adalah tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu-labuan (Cucurbitacea). Buahnya yang setengah masak biasa dijual secara musiman pada bulan puasa karena daging buahnya menjadi komponen minuman pe;epas dahaga untuk berbuka puasa. Meskipun demikian, timun suri bukanlah tanaman musiman karena dapat ditanam kapan saja. Timun suri mengandung beragam nutrisi seperti asam linoleat, viatmin A, Vitamin C, potasium, magnesium dan kalium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh. Memiliki karakteristik daun berbentuk bulat, tidak bersudut runcing dan bergerigi pada tepinya, bentuk buah mirip seperti timun dengan ukuran lebih besar dan warna yang beragam mulai dari kuning cerah hingga hijau berpola, timun suri selalu memiliki tempat tersendiri bagi para penikmatnya. Namun, sudahkah kita  mengetahui bagaimana tips memilih timun suri yang baik!

Tips Memilih Timun Suri Yang Matang

  1. Retakan, merupakan cara termudah untuk dilakukan. Cukup dengan melihat retakan yang ada pada kulitnya. Timun suri akan cenderung mengembang saat matang sehingga akan mendorong kulit dari buah tersebut dan menciptakan retakan di sekitar buah. Kulit buah yang retak menjadi penanda timun suri sudah matang di pohon.
  1. Aroma yang dihasilkan dari timun suri dapat menjadi indikasi kualitas sekaligus kesegaran dari timun suri tersebut. Apabila timun suri berbau manis wangi khas, maka dapat dikatakan bahwa timun tersebut sudah matang dan dalam kualitas baik. Aroma manis ini berasal dari berbagai senyawa kimia alami yang ada di dalam buah
  2. Tekstur, kita harus memperhatikan bentuk dan tekstur dari timun suri. Tekstur dari timun suri yang matang tentunya akan lebih lembut, empuk dan renyah tapi tidak terlalu rapuh. Tekstur yang ideal dan tidak berlebihan dapat menjadi indikasi baik untuk memilih timun suri yang matang dan berkualitas baik. Hindari memilih timun suri yang sudah lembek dan benyek karena itu artinya timun suri tersebut sudah terlalu matang dan mendekati busuk.

Tiga tips memilih timun suri di atas dapat menjadi informasi bagi anda agar tidak salah dalam memilih timun suri. Semoga artikel ini bermanfaat (Zdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here