UBINAN PADI DESA SUMBER MAKMUR KEC.MESUJI

0
35
views
Ubinan Padi Sumber Makmur

Ubinan merupakan salah satu cara untuk memperoleh data produktivitas suatu tanaman. Data produktivitas ubinan biasanya digunakan untuk memprediksi potensi hasil tanaman dari suatu luasan tertentu. Teknik pengubinan dilakukan dengan memilih blok pada tempat dan luasan tertentu yang mewakili sebagian dari luas lahan yang akan diperkirakan potensi hasinya. Luas ubinan yang biasa digunakan adalah 6,25 m2 (2,5 x 2,5 m)

Kegiatan pengambilan ubinan padi untuk wilayah Kecamatan Mesuji, tepatnya di Desa Sumber Makmur dilakukan pada hari Jumat (27/09/2019) bersama petani didampingi PPL Desa Sumber Makmur.

Adapun data hasil ubinan yang diperoleh adalah sebagai berikut :
Luas Lahan : 1 ha
Petak ubinan : 2.5 x 2.5 m
Berat ubinan : 4,6kg
GKP (Gabah Kering Panen) : 7,36 ton/ha
Jenis varietas : Supadi.

Berdasarkan perhitungan yang diperoleh sebesar 7,36 ton/ha dapat dikategorikan produktivitasnya cukup tinggi walaupun  ketersediaan air dimusim ini sangat terbatas. Hasil panen seperti ini adalah impian bagi seluruh petani padi ditengah segala keterbatasan.

Iwan santosa selaku PPL menuturkan bahwa ubinan dibuat agar dapat melihat hasil hamparan dalam budidaya padi. Banyak petani yang belum menguasai teknik perhitungan perkiraan produksi padi pada lahan mereka.“Perkiraan produksi kebanyakan hanya mengandalkan pengamatan visual semata dan mempercayakan perkiraan hasil dengan metode penaksiran produksi oleh tengkulak yang hasilnya sangat subjektif”,jelas PPL.

Diharapkan dengan kegiatan ubinan ini, Petani semakin mengerti tentang pentingnya perkiraan produksi padi yang akan dipanen sebagai tolak ukur keberhasilan penanaman padi saat ini dan bahan evaluasi untuk musim tanam berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here