VERVAL SIMLUHTAN MEMBANGUN DATABASE PERTANIAN

0
54
views
Verval SIMLUHTAN

Kementerian Pertanian yang dikoordinir oleh Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan,  Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung menyelenggarakan Pertemuan Konsolidasi Verval Data Simluhtan yang dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d 14 Maret 2020 bertempat Hotel Amalia Bandar Lampung

Tujuan kegiatan ini untuk membangun persepsi dan pemahaman yang sama terkait pentingnya menyiapkan satu data pertanian yang valid dan akurat sesuai kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk satu data Indonesia dan rekomendasi Strategi Nasional Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Data Simluhtan akan menjadi entry point bagi KPK dalam melakukan penelusuran terhadap bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Kementerian Pertanian.

Data yang diverifikasi mencakup data kelembagaan penyuluhan, data ketenagaan penyuluhan (penyuluh ASN, penyuluh swadaya dan penyuluh swasta), serta data kelembagaan petani (kelompok tani, gabungan kelompok tani dan kelembagaan ekonomi petani berikut profil anggotanya berdasarkan NIK e KTP yang terdiri atas 16 angka).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir. Kusnardi, M.Agr.Ec menyambut baik upaya verifikasi dan validasi data Simluhtan yang dilakukan Pusluhtan di Provinsi Lampung. Begitu pula Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, melalui Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian, Diyana, A.Md, Kami siap menyediakan data SIMLUHTAN yang valid  berdasarkan NIK (e-KTP) termasuk kelembagaan penyuluhan, data ketenagaan penyuluhan serta data kelembagaan petani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here