13 MANFAAT EDAMAME BAGI KESEHATAN TUBUH

0
11
views

Edamame merupakan jenis kacang kedelai yang masih ada di dalam polongnya. Rasanya yang nikmat membuat kacang ini jadi favorit para masyarakat untuk camilan sehat dan kaya akan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, tidak heran edamame memberikan manfaat ekstra pada tubuh. Untuk ketahui lebih rinci, kita simak 13 manfaat edamame untuk kesehatan tubuh.

1.      Membantu Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi edamame sekitar 50 gram per harinya, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Karena edamame merupakan jenis kedelai, dengan mengkonsumsi edamame secara rutin akan mengurangi risiko timbulnya kolesterol jahat yang berlebihan.

2.      Aman untuk Penderita Diabetes
Edamame mengandungan karbohidrat rendah yang terdiri dari lemak dan protein serta cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes.

3.      Menyediakan Asam Amino Esensial
Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki protein nabati terbaik. Dengan adanya protein utuh tersebut, edamame menyediakan semua asam amino esensial yang tubuh butuhkan. Dengan mengkonsumsi protein yang cukup, dapat membantu untuk menyehatkan tubuh secara optimal.

4.      Membantu Menurunkan Berat Badan
Rendah lemak dan tinggi proteinnya, akan menurunkan rasa lapar berlebihan. Juga, dapat menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan.

5.      Menyehatkan Pencernaan
Edamame bermanfaat untuk kelancaran proses pencernaan dan menjaga kesehatan saluran cerna karena adanya kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame.

6.      Menurunkan Risiko Kanker Payudara
Dengan adanya genistein, isoflavon utama dalam kedelai, memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker payudara.

7.      Mengurangi Risiko Kanker Prostat
Dengan mengkonsumsi edamame, dapat melindungi pria dari kanker prostat hingga 30%.

8.      Menyehatkan Tulang
Edamame memiliki kandungan yang tinggi akan kalium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut sangat mendukung kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi edamame secara teratur, akan memberikan tubuh kandungan isoflavon yang dapat mengurangi risiko osteoporosis.

9.      Mengurangi Gejala saat Menopause
Mengurangi gejala menopause dapat dilakukan dengan mengkonsumsi edamame yang kaya akan isoflavon.

10.  Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Dengan mengkonsumsinya secara teratur, akan menghindarkan kita dari risiko sakit jantung dan memabntu menghindarkan diri dari penyakit kardiovaskular. Karena edamame dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, membantu mencegah adanya penyakit kardiovaskular tumbuh.

11.  Menyehatkan Otak
Dengan mengkonsumsi isoflavon dari kedelai juga dapat menurunkan adanya risiko penurunan yang kognitif pada otak. Kandungan ini dapat membantu untuk meningkatkan aspek kognisi dan berpikir pada otak.

12.  Meningkatkan Kesuburan
Dengan mengkonsumsi protein dan zat besi dari edamame dapat meningkatkan kesuburan serta menurunkan terjadinya risiko gangguan ovulasi.

13.  Menghindarkan Stress Berat
Manfaat edamame ini dikarenakan adanya kandungan folat yang bermanfaat untuk tubuh menghasilkan DNA serta pembelahan sel yang tepat. Dengan asupan folat yang cukup, dapat membantu mencegah timbulnya depresi.

Sumber : www. pertanian.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here