Bimbingan Teknis Komoditas Tanaman Pangan

0
12
views

(25/10/2021), Komisi IV DPR RI dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung Kementerian Pertanian menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Komoditas Tanaman Pangan.

Bimbingan teknis bagi petani ini dilaksanakan serentak di Desa Mekar sari Kecamatan Tanjung Raya dan Desa Sido Mulyo Kecamatan Mesuji  Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung dan dibuka dibuka oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Ir. Hanan Abdul Rozak.

Dalam sambutan hanan menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan teknologi serta wawasan petani dalam meningkatkan produksi tanaman pangan dan perlunya penanganan pasca panen yang tepat agar dapat menjamin ketersediaan bahan pangan baik kuantitas maupun kualitasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP.,MM,  dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si

Jekvy memaparkan dalam budidaya tanaman pangan, hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi tanah dimana kita melakukan pertanaman.

“Petani harus tahu status kesuburan lahan yang dimilikinya sehingga petani dapat melakukan budidaya tanaman yang baik sesuai status tanah tersebut ”, tutur Jekvy.

Sementara Pariman menjelaskan dalam budidaya tanaman, keadaan tanah merupakan faktor penting yang akan menentukan pertumbuhan dan hasil tanaman yang diusahakan.

“Hal ini disebabkan karena tanah merupakan media tumbuh bagi tanaman, sebagai gudang dan penyuplai nutrisi”, tambah Pariman.

Ia berharap petani akan bijak dalam menggunakan pupuk. Mereka kita ajak untuk menggunakan pupuk alternatif sehingga keseimbangan dalam agro ekosistem menjadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here