DINAS PERTANIAN GELAR POSYANDU TERNAK DI GEDUNG MULYA

0
24
views
Pemeriksaan Kebuntingan Oleh Petugas Medik Veteriner Dinas Pertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji terus berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit menular di Kabupaten Mesuji. Salah satunya, dibuktikan dengan kegiatan pelayanan kesehatan hewan terpadu di Desa Gedung Mulya Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (26/01). Dengan menerjunkan tenaga medik dan paramedik veteriner serta petugas inseminator melaksanakan posyandu ternak.

Pelayanan kesehatan hewan diperlukan dalam upaya mewujudkan peningkatan populasi hewan dengan produktivitas dan reproduktivitas yang tinggi, status kesehatan hewan yang optimal, lingkungan dan ekosistem yang aman, serta produk hewan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Pelayanan kesehatan hewansudah semestinya dapat melayani masyarakat peternak yang membutuhkan terutama dalam penanganan penyakit hewan, pelayanan reproduksi dan permasalahannya.

Pejabat fungsional medik veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, drh. Zainal Indriyanto mengungkapkan,saat ini Pemerintah Kabupaten Mesuji tengah fokus melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang mempunyai hewan ternak khususnya di lokasi-lokasi dengan populasi ternak yang tinggi.

Berdasarkan pemeriksaan terhadap 76 ekor sapi terdapat 1 ekor sapi yang mengalami enteritis (gangguan pencernaan), 1 ekor menderita radang mata, 2 ekor sapi menderita scabies, 47 ekor sapi terindikasi cacingan dan 25 ekor sapi dalam kondisi sehat. Sementara dari hasil pemeriksaan kebuntingan terhadap 12 ekor sapi dinyatakan 10 ekor sapi positif bunting.

“Dalam kegiatan POSYANDU ternak ini, kita melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, pemberian vitamin dan obat cacing pada ternak. Selain itu, juga kami beri pelayanan kepada peternak berupa pemeriksaan kebuntingan hingga gangguan reproduksi hewan ternak,” ungkap Zainal.

Zainal berharap pelayanan tersebut dapat menyentuh semua peternak. Sehingga masyarakat lebih semangat dalam mengembangkan usaha ternak mereka. “Harapannya, ekonomi para peternak dapat meningkat disaat pandemi ini. karena ternak peliharaannya akan lebih sehat dan produktif terlebih apabila mereka mempunyai semangat yang tinggi dan rasa memilikinya kuat,” jelasnya.(zae)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here