KENALI MANFAAT BUAH DAN SAYUR MELALUI WARNANYA

0
18
views

Beragam warna pada buah dan sayur ternyata memiliki informasi menarik tentang gizi serta manfaat didalamnya.

Seperti apa informasinya ?

Kita simak bersama yuuk!

Semangka, kol merah, ceri, delima, stroberi, dan buah maupun sayur berwarna merah lainnya dibentuk oleh antosianin dan likopen yang efektif sebagai zat antioksidan. Selain berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati, buah dan sayur berwarna merah menjaga tubuh dari dari berbagai penyakit kanker, mencegah pembekuaan darah dan menunda penuaan sel dalam tubuh.

 

Warna hijau pada sayuran dibentuk oleh klorofil yang membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, klorofil juga mempercepat penyembuhan luka dan membersihkan racun dalam tubuh. Beberapa sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, sawi, kangkung, bayam, selada, mentimun. Sedangkan pada buah, warna hijau ini umumnya berasal dari lutein  dan zeaxanthin  yang mampu menghambat dan menahan pertumbuhan sel kanker. Contoh buah yang berwarna hijau seperti alpukat, apel hijau, melon dan kiwi.

 

Buah dan sayuran berwarna biru atau ungu seperti anggur, bit, plum, blueberry, terong ungu, dan kol ungu yang mengandung antioksidan penting ini dalam meningkatkan sistem imun tubuh, sumber zat besi dan juga meningkatkan sel darah merah dan putih.

 

Wortel, jeruk, pisang, jagung, nanas, mangga, labu menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta-karoten baik untuk kesehatan mata, kulit, gigi, dan tulang. Selain beta-karoten, buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye juga mengandung vitamin B kompleks folat untuk mencegah cacat janin pada ibu mengandung.

 

Buah dan sayur berwarna putih atau cokelat sangat disarankan untuk dikonsumsi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan daya tahan tubuh. Buah dan sayuran ini juga mengandung alicin yang membantu mengontrol kolesterol, tekanan darah, dan menghambat pertumbuhan kanker. Kita bisa menemukan manfaatnya dalam bawang putih, bawang bombay, kembang kol, pir, sirsak, duku, kelengkeng, leci, taoge, kol, kembang kol, rebung, jamur  dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here