Kepala Dinas Pertanian Pimpin Study Tiru Komisi Irigasi Kabupaten Sukabumi

0
38
views

Study tiru Komisi Irigasi Kabupaten Mesuji mengunjungi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi (24/03/2022)  yang dipimpin Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP., MM, selaku Sekretaris I Komisi Irigasi Kabupaten Mesuji bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mesuji, Pejabat Struktural Dinas PU dan Bappelitbangda Kabupaten Mesuji serta unsur kelembagaan non pemerintah yang berada di wilayah Kabupaten Mesuji.

Pariman memaparkan bahwa komisi irigasi di Kabupaten Mesuji masih terbatas baik secara kapasitas maupun manajerial, jadi kami berharap komisi irigasi Kabupaten Sukabumi bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan agar ditempat kami dapat memperbaiki kekurangan dibidang irigasi.

”Karena menurut pandangan kami, Kabupaten Sukabumi memiliki komisi irigasi yang telah berjalan dengan baik dan dapat dijadikan contoh bagi kami untuk membangun komisi irigasi demi memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Mesuji,” ucapnya.

Kunjungan ini disambut baik oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Jalalaludin mukti yang didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Alam Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi.

Jalaludin Mukti menjelaskan komisi irigasi merupakan salah satu kelembagaan pengelola irigasi sebagai wadah koordinasi dan komunikasi antara pemerintah daerah Kabupaten, perkumpulan petani pemakai air tingkat irigasi, pengguna jaringan irigasi di tingkat Kabupaten.

Alhamdulilah kinerja komisi irigasi Kabupaten Sukabumi masuk dalam kategori sangat baik. Kami bersinergi dalam pengelolaan 156 daerah irigasi kewenangan Kabupaten Sukabumi. Dengan kolaborasi yang baik unsur non pemerintah dan unsur pemda baik Bappelitbangda, Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum, kita dapat mencapai prestasi ini” tegasnya.

“Dengan capaian tersebut, hari ini Komisi Irigasi Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan kerja dari Komisi Irigasi Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. Kunjugan kerja antar komisi irigasi ini dalam rangka sharing knowledge kinerja komisi irigasi di Kabupaten Sukabumi,” bebernya.

Komisi irigasi mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis pengkoordinasian, pengelolaan dan pemanfaatan fungsi irigasi yang meliputi pengelolaan dan pemeliharaan kondisi serta fungsi irigasi. Merumuskan pola tanam, rencana tata tanam, rencana penyediaan dan pembagian air serta merekomendasikan prioritas alokasi dana pada operasi dan pemeliharaan irigasi serta memberikan pertimbangan pada izin alih fungsi lahan di lahan yang beririgasi dan memberikan masukan dan pertimbangan dalam upaya menjaga keandalan dan keberlanjutan sistem irigasi di Daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here