Mengenal Hari Kedokteran Hewan Dunia

0
18
views
sumber gambar : worldvet.org

World Veterinary Day (WVD) atau Hari Kedokteran Hewan Dunia merupakan acara tahunan yang diprakarsai dan ditetapkan oleh The World Veterinary Association (WVA) atau Asosiasi Dokter Hewan Dunia pada tahun 2000 dan dirayakan pada hari Sabtu terakhir di bulan April.

.Pada tahun 2022 ini WVD diselenggarakan pada tanggal 30 April 2022 dengan tema”Strengthening Veterinary Resilience“  dalam bahasa indonesia “penguatan ketangguhan Dokter Hewan”

.Dokter Hewan mampu melindungi kesehatan hewan dan mengobati penyakit hewan walaupun pasiennya tidak dapat berkomunikasi (bicara). Dokter hewan menyadari bahwa tugas dan pekerjaannya dapat membebani secara fisik dan mental. Beban tersebut dapat mengakibatkan stres, kelelahan, dan masalah kesehatan lainnya yang kejadiannya meningkat dalam beberapa tahun ini, khususnya selama pandemi. Memperkuat ketangguhan dokter hewan merupakan kunci untuk memastikan bahwa dokter hewan merasa siap untuk menghadapi tantangan fisik, mental, dan emosional dari kehidupan praktik sehari-hari.

Dokter hewan, seperti halnya pasien mereka, membutuhkan alat dan dukungan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran pribadinya. Hewan yang sehat membutuhkan pendukung yang sehat juga. Dokter hewan yang “TANGGUH” lebih siap untuk menangani tantangan dan krisis sehari-hari yang mungkin terjadi dalam praktik.

.Ketahanan (fisik dan mental) tidak dapat dijalankan hanya sendiri oleh Dokter Hewan, tetapi sangat membutuhkan dukungan kuat dari asosiasi, lembaga dan pemerintah.

.WVD tahun ini difokuskan untuk memberikan perhatian terhadap ketangguhan atau ketahanan Dokter Hewan yang berkaitan dengan beban tugas dan pekerjaannya.

Sumber : Denny Widaya Lukman ( FKH IPB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here