Mengolah Jamur Sawit Menjadi Camilan Keripik Jamur Crispy Yang Enak Dan Renyah

0
323
views

Poktan Makmur Jaya di Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji telah melebarkan sayapnya selain sebagai petani perkebunan sawit dan karet kini Poktan Makmur Jaya telah mampu menghasilkan produk camilan crispy yang enak dan renyah  yaitu dengan mengolah jamur sawit menjadi keripik jamur crispy.

Jamur sawit berasal dari janjangan kelapa sawit, sisa produksi yang sudah masuk dalam proses prebusan dan dibuang di area perkebunan. Jamur-jamur ini tumbuh melalui proses alam. (www.aptahebat.com, 15 oktober 2019)

Cemilan ini bisa disajikan untuk menemani waktu santai baik secara informal maupun secara formal. Sangat mudah untuk mengolah jenis camilan ini, diharapkan camilan jamur sawit crispy ini dapat menjadi ciri khas poktan makmur jaya dan dapat menjadi icon dari Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Disamping sebagai icon sebagai kabupaten perkebunan sawit dan karet ternyata Kabupaten Mesuji mempunyai  olahan pangan yang  enak.

Bahan – bahan yang digunakan sebagai berikut :

  • Jamur sawit
  • Tepung terigu
  • Minyak goreng
  • bawang putih
  • bawang merah
  • ketumbar
  • Garam

Cara membuat keripik jamur crispy yaitu :

  1. Memotong lembaran jamur sawi t secara memanjang dan kecil
  2. Menyiapkan bumbu-bumbunya sehingga keripik jamur crispy ini dapat mempunyai cita rasa yang sangat enak tentunya.
  3. Menyiapkan tepung terigu
  4. Jamur direbus
  5. Meniriskan jamur dan lumuri dengan bumbu yang telah dibuat
  6. Mengambil satu persatu jamur dan diberi tepung kering
  7. Digoreng
  8. Dapat disajikan untuk keluarga

Produk keripik jamur  sawit crispy ini dapat diolah secara mandiri yaitu di keluarga dan masih disajikan dalam skala kecil untuk kalangan sendiri dan biasanya menemani saat bersantai bersama keluarga.

Kandungan jamur sawit dan manfaat bagi manusia yaitu:

  1. Kaya vitamin B, C dan D asam lemak tak jenjamursawit memberikan nutrisi buh terkandung dalam jamur sawit memberikan nutrisi berupa vitamin B, C dan D
  2. Manfaat vitamin B yaitu sebagai anti oksidan yang membantu melawan efek radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.
  3. Vitamin C yaitu untuk menjaga metabolism serta sistem kekebalan tubuh.
  4. Vitamin D menjaga kesehatan tulang
  5. Mengandung mineral seperti potassium, fosfor, kalsiumdan magnesium.
  6. Mengandung protein seperti asam aminoyang esensial bagi tubuh, protein ini berfungsi menghancurkan sel kanker dalam tubuh manusia serta menguatkan fungsi hati dan ginjal
  7. Rendah lemak yaitu 72, 85 % karna kandungan asam linoleatyang terkandung dalam jamur dan dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  8. Dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena asam folat merendahkan resiko penyakit jantung yang berhubungan dengan pembuluh darahdan stroke pada pasien diabetes. (www.aptahebat.com , 15 Oktober 2019)

Untuk itu poktan makmur jaya memperkenalkan produk ini agar masyarakat mengetahui bahwa jamursawit  yang biasanya dimasak menjadi sayur jamur ternyata setelah diolah sedemikian rupa dapat menjadi camilan keripik jamur crispy yang enak dan renyah. Dan apabila dipasarkan selain dapat memperoleh nilai tambah bagi keluarga juga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga serta dapat menjadi icon kebupaten Mesuji.

Kontributor: Ika Rahmawati, S.P.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here