Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP)

0
17
views

Dalam rangka upaya peningkatan produksi padi, selain dengan terus mengupayakan luas tambah tanam, strategi yang juga dilakukan adalah peningkatan Indeks Pertanaman (IP) padi disuatu wilayah untuk meningkatkan produksi menuju swasembada pangan berkelanjutan.
Indeks Pertanaman (IP) adalah rata – rata masa tanam dan panen pada satu tahun pada lahan yang sama. Potensi peningkatan IP disetiap wilayah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara melalui optimalisasi lahan termasuk didalamnya pengelolaan sumber daya air, iklim, tanah dan unsur hara secara terpadu serta penggunaan benih dengan usia pendek.
Di kabupaten Mesuji, pada tahun 2021 ini sedang melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan IP melalui program Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP) dari Kementerian Pertanian bersama sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dah Hortikultura Provinsi Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Mesuji dan Kecamatan Mesuji Timur dengan rincian 15 Hektar di Kelompok Tani Karya Mufakat Desa Sumber makmu Kecamatan Mesuji, 15 Hektar di Kelompok Tani Karya Utama Desa Pangkal Mas dan 20 hektar di Kelompok Tani Ngudi Rukun Desa Pangkal Mas Jaya Kecamatan Mesuji Timur.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan OPIP sampai dengan bulan Juni Tahun 2021 merupakan Musim Tanam padi Ke II dan diharapkan sampai dengan Bulan Desember Tahun 2021 akan sampai dengan Musim Tanam Padi yang ke IV. Keberhasilan kegiatan ini juga tidak terlepas dari faktor alam terutama kendala pada cuaca, harapannya kemarau tahun ini tidak terlalu panjang khusunya pada Bulan Agustus mendatang agar air yang ada bisa dimanfaatkan dan tidak terdampak air asin.
Pada Musim tanam ke III yang diprediksi akan tanam pada bulan Agustus tahun 2021, kelompok pelaksana kegiatan akan memperoleh fasilitasi bantuan saran produksi dan akan diupayakan mendapatkan benih padi dengan usia genjah yaitu antara 75 – 80 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here