Pelaksanaan Vaksinasi PMK di Desa Adi Luhur

0
4
views

Dalam upaya pecegahan dan penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Adi Mulyo Kecamatan Panca Jaya, Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan vaksinasi PMK dengan sasaran hewan ternak di wilayah Desa Adi Mulyo. Pelaksanaan dilaksanakan dengan teknik door-to-door ke kantong-kantong peternakan milik masyarakat Desa Adi Mulyo. Total sebanyak 108 ekor sapi sudah divaksinasi PMK.

Tersebarnya lokasi ternak, hewan ternak yang belum terikat dan kurang antusiasnya pemilik ternak menjadi kesulitan tersendiri selama pelaksanaan vaksinasi di lapangan. Namun demikian dengan semangat kerja dan komunikasi persuasif petugas, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya. Virus dapat bertahan lama di lingkungan, dan bertahan hidup di tulang, kelenjar, susu serta produk susu. Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau lepuh dan erosi di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku, pincang dan bahkan kuku bisa terlepas, hipersalivasi,  hewan lebih sering berbaring; pada ternak potong terjadi penurunan bobot badan dan pada ternak perah terjadi penurunan produksi susu yang drastis.

Drh. Vina Lusia Haryani, salah satu petugas vaksinasi berharap program ini dapat membantu para peternak di Desa Adi Mulyo dalam mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta dapat menjadi gerakan yang memutus rantai penyebaran PMK di Desa Adi Luhur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here