Pembinaan Alsintan di BPP Rawajitu Utara

0
7
views

(9/11/2022), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji didampingi Kepala Bidang Tanaman Dan Hortikultura melaksanakan pembinaan sekaligus monitoring dan evaluasi pemanfaatan alat mesin pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rawajitu Utara yang dihadiri penyuluh pertanian, Gapoktan pengelola alat mesin pertanian di wilayah Kecamatan Rawajitu Utara.

Pemanfaatan alsintan ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan efisiensi kerja, intensitas pertanaman dan penurunan biaya produksi serta meningkatkan nilai tambah petani di daerah sentra produksi guna mewujudkan swasembada pangan, khususnya beras.

“Kita ingin mengoptimalkan  fasilitas yang sudah di berikan mulai dari traktor roda dua, traktor roda empat, transplanter, pompa air, handsprayer, combine harvester besar, combine harvester sedang, combine harvester kecil sampai dengan power thresher”, ujar Pariman, selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji.

Pariman menjelaskan Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) yang merupakan Pengelola alsintan harus professional, dapat membantu petani memfasilitasi alsintan ketika pengolahan lahan, tanam dan pasca panen.

UPJA adalah suatu lembaga ekonomi perdesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alat dan mesin pertanian untuk mendapatkan keuntungan usaha baik di dalam maupun di luar kelompok tani/gapoktan dengan tetap mengutamakan kebutuhan para petani diwilayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here