Pemeriksaan Post Mortem Menjamin Pangan Asal Hewan Kurban Yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal

0
22
views

Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Pertanian melakukan pengawasan dan pemeriksaan postmortem hewan kurban 1442 Hijriyah dalam masa pandemi Covid-19, Selasa (20/7/2021).

Kepala Seksi Kesehatan Hewan drh. Zaenal Indriyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penjaminan pangan asal hewan kurban yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Yang jelas dimasa pandemi Covid-19 saat ini, pelaksanaan setiap pemeriksaan hewan  kurban oleh petugas tetap mengikuti  protokol kesehatan Covid -19. Diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan memberikan anjuran kepada pihak penyelenggara pemotongan hewan kurban untuk menyediakan sarana untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun serta menghindari kerumunan masyarakat saat pembagian daging kurban,” pungkasnya.

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi dan mengeliminasi kelainan pada karkas, daging dan jeroan, serta memastikan apakah aman dan layak dikonsumsi. Terhadap organ yang mengalami kelainan dan tidak layak dikonsumsi akan dimusnahkan. “Untuk itu diharapkan kerjasama yang baik antara petugas dan panitia qurban, sehingga daging qurban yang dibagikan benar-benar aman di konsumsi oleh masyarakat Kabupaten Mesuji,” tutupnya.

Hasil pemeriksaan postmortem dijumpai adanya fasciola hepatica (cacing hati) dan pneumonia pada organ paru disebagian kecil hewan kurban. Organ paru dan hati yang terjangkit penyakit tersebut di afkir, karena tidak layak konsumsi, sedangkan kualitas daging tetap aman untuk dikonsumsi, serta tidak ditemukan adanya gejala penyakit yang bersifat zoonosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here