Penandatanganan MoU Pemasaran Kedelai

0
40
views

Penandatangan Perjanjian kerjasama pemasaran hasil panen kedelai antara Kelompok Tani Sumber Harapan Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji yang diwakili oleh Bapak Tumiranto salah satu petani yang akan menanam kedelai sekaligus sebagai Ketua gapoktan Desa Mekar Jaya dengan Pusat Koperasi Tahu Tempe (Puskopti) dilaksanakan bersama – sama dengan 9 Kabupaten/Kota se provinsi Lampung di Hotel Horison Bandar Lampung pada hari kamis Tanggal 17 Juni 2021 yang difasilitasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. Dalam Mou tersebut disepakati harga beli kedelai sebesar Rp. 8.500,- dengan ketentuan kadar air maks 8 %, kotoran Maks 2 % dan biji rusak maks 2 %.

Selain Puskopti, turut dihadirkan juga Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) sebuah yayasan yang bergerak dibidang usaha pengolahan kedelai, serta Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gapoktindo) yang juga bersedia memfasilitasi pemasaran hasil produksi kedelai dari petani se – provinsi Lampung.

Di Kabupaten Mesuji, dalam waktu dekat akan menerima bantuan bantuan pengembangan kawasan budidaya kedelai seluas 25 hektar yang berupakan bagian dari upaya pengembangan kawasan kedelai yang bertujuan untuk menekan impor kedelai. Pada tahun ini, Provinsi Lampung memperoleh alokasi pengembangan kawasan kedelai seluas 11.100 hektar, pada pada tahap 1 (satu) Kabupaten Mesuji baru berkontribusi seluas 25 hektar.

Pengembangan kawasan kedelai di Kabupaten Mesuji akan terus diupayakan sampai dengan bulan Desember yang akan datang. Saat ini, masih ada beberapa desa melalui Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang sudah mengusulkan untuk penanaman di Bulan September tahun 2021 seperti di Desa labuhan batin dan Panca Warna Kecamatan Way Serdang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here