Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian Kabupaten Mesuji

0
43
views

Rabu (6/3/2024). Bertempat di Balai Desa Wonosari Kecamatan Mesuji Timur, diselenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian. Bimtek ini merupakan kolaborasi Balai Penerapan Standar  Instrument Pertanian Lampung dan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji.

Bimtek ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas penerap standar pertanian di Kabupaten Mesuji terutama di kawasan pengembangan komoditas tanaman pangan yang berbanding lurus dengan peningkatan produktisi padi dan pendapatan petani.

Dengan narasumber berkompeten dari Universitas Lampung, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, diharapkan dengan Bimtek ini, sumber daya manusia pertanian mesuji dapat meningkat kapasitasnya baik pengetahuan dan keterampilannya serta menjaga tren positif sektor pertanian di Kabupaten Mesuji.

Kegiatan Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian di Mesuji dibuka oleh Asisten BIdang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, Drs. Indra Wijaya Kesuma, MM.

Indra menyampaikan agar para petani meningkatkan produktifitas dan mutu produk yang dihasilkan sehingga dapat bersaing dengan komoditas pertanian dari kabupaten lain. Untuk itu pengawalan peningkatan mutu produk pertanian menjadi keharusan dalam menghadapi persaingan regional dan global.

Sementara Kepala BPSIP Lampung, Dr. Rachman Jaya, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Mesuji menjadi salah satu kabupaten yang ditunjuk untuk kegiatan ini. Hal ini dikarenakan konsistensi dan komitmen kita dalam menjaga ketahanan pangan dan produktivitas di Lampung.

“Untuk itu diharapkan para petani mendukung program Kementerian Pertanian dalam peningkatan produksi padi dan jagung agar nantinya Indonesia dapat swasembada pangan dan menjadi lumbung pangan dunia 2045”, tambah Rachman.

Kegiatan ini diikuti oleh penyuluh pertanian, petugas kabupaten, penangkar benih,  perwakilan kelompok tani serta gapoktan yang berasal dari beberapa desa di Kecamatan Mesuji Timur, Mesuji dan Rawajitu Utara.(zae)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here