Perkembangan Tanaman Kembang Kol Hasil Rundukan

0
206
views
Perbanyakan kembang kol dengan cara rundukan
Perbanyakan kembang kol dengan cara rundukan

Meneruskan dari artikel sebelumnya Teknik Perbanyakan Tanaman Kembang Kol Dengan Cara Rundukan, percobaan yang dilakukan oleh KWT “Melati” Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya yakni percobaan memperbanyak anakan kembang kol dengan cara rundukan pada bulan Desember 2018 s.d Januari 2019.

Dari hasil rundukan ada 6 (enam) bibit tanaman kembang kol yang telah dipindahkan ke dalam polibag. Pada awal maret 2019 tanaman kembang kol tersebut telah mulai berbunga dan pada akhir maret ini telah berbunga maksimal tetapi belum siap panen.

Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kandang sapi dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1 dan tanaman kembang kol tersebut dipelihara dibawah naungan berupa paranet.

Kegiatan penyiraman dilakukan sehari sekali pada sore hari, tetapi dapat pula penyiraman dilakukan sesuai dengan keadaan media tanam. Pemeliharaan tanaman dari gulma dilakukan, jika tumbuh gulma didalam polibag maka gulma tersebut segera dicabut agar tidak terjadi persaingan dalam penganmbilan nutrisi terhadap tanaman bunga kol.

Kontributor: Ika Rahmawati, S.P.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here