Perkuat Peternakan Mesuji Melalui Program KPB

0
30
views

(2/11/2021), Dalam rangka mensukseskan program Gubernur Lampung, Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung menyelenggarakan bimbingan teknis Program Kartu Petani Berjaya (KPB) Sektor Peternakan di Balai Penyuluhan Pertanian Tanjung Raya Kabupaten Mesuji.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP., MM dan dihadiri Tim KPB Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Tim KPB Universitas Bandar Lampung, Perwakilan BRI, Perwakilan BNI, petani peternak dan pelaku usaha bidang peternakan di Kabupaten Mesuji.

Pariman menjelaskan potensi peternakan mesuji sangat besar dan harus didukung oleh instrumen pembiayaan dan manajemen resiko yang baik. Banyak peternak mengalami kendala mengembangkan usaha ternaknya akibat sulitnya mengakses pembiayaan perbankan ditambah lagi ketidakpastian usaha ternak dimana resiko kematian ternak akibat penyakit hewan cukup tinggi.

“Disinilah peran pemerintah mendorong perbankan untuk lebih massif membuka akses pembiayaan bagi peternak dan menjamin keberlangsungan usaha ternak melalui program asuransi serta mengedukasi peternak untuk berbudidaya ternak yang baik”, tambah Pariman.

Martha Melissa Prastiti, S.Pt, Tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung menjelaskan ada beberapa fitur aplikasi KPB sektor peternakan yang dapat dimanfaatkan oleh peternak mulai dari Halo Doc, fitur untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terkait kesehatan hewan, kemudian  Market Place untuk pasar tani produk peternakan secara online dan AUTS/K untuk menjamin keberlanjutan usaha ternak melalui skema asuransi ternak.

Dengan adanya sinergi antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dengan perbankan baik Bank BNI maupun Bank BRI serta off taker lainnya diharapkan memberikan peluang lebih besar kepada peternak dan pelaku usaha bidang peternakan untuk dapat mengakses dukungan permodalan, meminimalisir resiko dan mengembangkan usaha ternaknya sehingga peternakan mesuji semakin kuat dan maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here