Petani tanjung raya antusias ikuti pelatihan budidaya pisang

0
4
views

Peluang pengembangan agribisnis komoditas pisang masih terbuka luas. Namun demikian, secara umum produktivitas pisang yang dikembangkan masyarakat masih sangat rendah, yaitu hanya sekitar 10-15 ton/ha. Padahal, potensi produktivitasnya bisa mencapai 35-40 ton/ha. Kesenjangan produktivitas tersebut terutama disebabkan karena teknik budidaya yang tidak tepat dan tingginya gangguan hama dan penyakit. Oleh karena hal tersebut diatas, Tim Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Bidang Penyuluhan Pertanian hari ini (15/11/2022) melakukan pelatihan Budidaya Pisang di Balai Penyuluhan Pertanian Tanjung Raya.

Pelatihan di buka oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji sekaligus pengarahan terkait pertanian secara umum dan pelayanan penyuluhan pertanian. Pelatihan budidaya dilakukan dengan pemberian teori berupa slide power point dilanjutkan dengan praktek pengamatan lapangan kebun pisang di Kebun Pisang petani desa berasan makmur.

“Kami bisa pastikan suplai pisang cavendis selalu tersedia tetapi kami tidak dapat memasarkan hasil kebun kami”, keluh Tesar, salah satu petani pisang desa berasan makmur.

“Pemasaran cavendis sama sekali tidak ada kendala selama kita dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan pemasaran pisang’’, jawab Suripto, peserta sekaligus praktisi pisang cavendis desa tanjung sari.

“Kami kesulitan memenuhi kebutuhan cavendis perminggu sekitar 20 ton dan kami mengajak mas tesar untuk bersama-sama mengembangkan pisang di Mesuji’’, tambah Suripto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here