Praktek Lapang Pembuatan Bakteri Fotosistesis (Rodobacter spaeroides) pada Sekolah Lapang Daerah Irigasi Jayasakti Kecamatan Simpang Pematang.

0
48
views
Pembuatan Bakteri Fotosintesis

Daerah Irigasi Jayasakti pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 melakukan kegiatan Sekolah Lapang dengan Tema praktek pembuatan bakteri Fotosintesis (Rodobacter spaeroides) yang bertujuan untuk mengenalkan kepada petani  tanaman pangan di Daerah Irigasi Jayasakti sehingga dapat membuat bakteri forosintesis yang dapat digunakan untuk melakukan pengendalian hama terpadu.

Manfaat bakteri fotosintesis (PSB) terhadap tanaman adalah :

  1. membantu menstimulasi kekebalan tanaman dengan baik, membuat kulit kayu atau batang yang kuat sehingga lebih tahan terhadap serangan hama.
  2. membantu menstimulasi pertumbuhan akar tanaman untuk berkembang dan bercabang dengan baik sehingga menghasilkan jumlah serat yang baik
  3. bila digunakan secara teratur dan terus menerus bisa mengurangi pemakaian suplemen, penggunaan pupuk bisa dikurangi hingga 50 % sehingga dapat menurunkan biaya produksi
  4. jika PSB dikombinasikan dengan Mikroorganisme Lokal (MOL) akan meningkatkan produktivitas dan kualitas Mikroorganisme
  5. untuk merangsang pembungaan pada tanaman bunga maupun buah.

Cara pembuatan Bakteri PSB adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang digunakan :

  1. Telur Ayam
  2. Micin
  3. Air bisa air kolam, air sumur, air sungai

Alat Yang digunakan :

  1. Wadah dan sendok untuk emngkocok telur dan micin
  2. Botol air mineral 1,5 lt

Cara membuat :

  1. kocok 1 butir telur dengan 1 sendok makan micin hingga larut dan tercampur rata
  2. isi botol air mineral sampai hampir penuh, sehingga saat ditambahkan kocokan telur tidak tumpah
  3. masukkan larutan telur dan micin yang sudah dicampur merata ke dalam botol yang sudah diisi air kemudian kocok hingga larutan tercampur rata.
  4. gantung / letakkan di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung selama 1 bulan sampai 1,5 bulan hingga berubah warna menjadi merah atau hijau gelap sambil dikocok-kocok rata setiap 1-2 hari sekali.
  5. Setelah berwarna merah atau hijau gelap dapat langsung diaplikasikan.(Ari W)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here