TINGKATKAN KAPASITAS PENYULUH, MESUJI KIRIM WAKILNYA KE PALEMBANG.

0
3
views

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI melalui National Project Implementation Unit (NPIU) IPDMIP menggelar pelatihan atau pertemuan Penguatan Materi dan Informasi Penyuluhan Lokasi IPDMIP di The Excelton Hotel Palembang selama 3 hari (30/9 – 2/10).

Kegiatan  ini dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI, dan diikuti 52 peserta yang terdiri dari kepala bidang atau kepala seksi yang menangani penyuluh pertanian, koordinator BPP dan penyuluh pertanian pendamping BPP lokasi IPDMIP di Wilayah Sumatera Selatan dan Lampung.

Kabupaten Mesuji yang merupakan salah satu daerah yang menerima Proyek IPDMIP mengutus 3 (tiga) Petugas yaitu drh. Ardika Eka Cahyo selaku Kepala Seksi Kelembagaan Petani & Kemitraan Usaha Tani, Rahmat Nurcahyo, SP selaku perwakilan Koordinator BPP Rawajitu Utara, Bahrul Ulum, SP selaku perwakilan penyuluh pendamping lokasi IPDMIP.

Selain bertujuan meningkatan produktivitas pertanian, Integrated Participatory Development of Management Irrigation Program (IPDMIP) juga mempunyai tanggungjawab untuk merevitalisasi tugas pokok dan fungsi balai penyuluhan pertanian (BPP) dan penyuluh pertanian yang berada di daerah irigasi kesepakatan IPDMIP.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan penyuluh pertanian dalam penguasaan teknologi informasi (IT) dan mampu menggunakan teknologi tersebut untuk menyebarkan materi dan informasi kepada petani agar petani mampu mengakses teknologi, pasar dan modal sehingga dapat meningkat kesejahteraannya

Dengan kompetensi narasumber yang mumpuni dalam bidang media massa mulai dari Sinar Tani, Cybex dan Praktisi Youtube diharapkan para peserta pelatihan dapat meningkatkan kemampuan membuat dan menyajikan konten kreatif penyuluhan pertanian yang dapat menjangkau khalayak banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here