Workshop IPDMIP Tingkatkan Kompetensi Penyuluh

0
27
views
Foto Bersama Peserta Workshop IPDMIP

Tanjung Raya, Dalam rangka meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan profesionalisme penyuluh pertanian yang berada di Kabupaten Mesuji, maka Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji bersama PT. Cakrabuana Consultan selaku Konsultan IPDMIP Regional 3 (Lampung – Jawa Barat) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian dan Staf Lapangan IPDMIP selama 2 hari (14-15/02/2022). Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji , Pariman, SP., MM dan dihadiri oleh koordintator kabupaten IPDMIP Regional 3, Koordinator Jabatan Fungsional Tingkat Kabupaten, Koordinator Penyuluh Pertanian Tingkat Kecamatan, Staf Lapangan IPDMIP dan perwakilan penyuluh dari 7 Kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah mesuji. Dalam  arahannya, Kepala Dinas menyampaikan bahwa untuk tahun 2022, anggaran IPDMIP sebanyak 1,4 milyar bisa dioptimalkan realisasi penyerapannya tentu dengan jaminan kualitas pelaksanaannya.

“Keberhasilan program pembangunan sektor pertanian tidak terlepas dari peran aktif Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai ujung tombak di lapangan. Kemampuan dan kapasitas penyuluh merupakan faktor utama dalam keberhasilan transformasi teknologi kepada petani, inilah alasan yang melatarbelakangi workshop ini dilaksanakan” ujar Pariman.

IPDMIP Merupakan koridor bagi penyuluh untuk mengintroduksikan dan mengaplikasikan inovasi teknologi di tingkat petani. Oleh karena itu Tim IPDMIP Dinas Pertanian  dan penyuluh pelaksana harus selalu bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga kinerja pelaksanaan IPDMIP semakin meningkat signifikan. Dan tantangan kedepan yaitu isu Revitalisasi kelembagaan petani dan Balai Penyuluhan Pertanin (BPP) sebagai pusat pembangunan pertanian di kecamatan.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Sinergitas dan Harmonisasi Program Dinas Pertanian   untuk mendukung inovasi daerah di Kabupaten Mesuji” yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mesuji. Kemudian Penyampaian Materi oleh Ibnu Eko Sarjuni SP (Praktisi Penyuluhan Pertanian) tentang Kelembagaan Petani, Metode Penyuluhan Pertanian dan Sekolah Lapangan.

Selain diatas kegiatan workshop ini juga dilengkapi dengan materi “Penyampaian Materi oleh Daliman, SP (Koordinator Fungsional Penyuluh Pertanian Kabupaten Mesuji) mengenai Pengendalian Hama Penyakit, Media Penyuluhan, Peran BPP  Kostratani dan analisis usaha pertanian.(nstr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here