Yuyun: Sosok Wanita Tani Yang Hobi Koleksi TOGA

0
51
views

Kita sudah banyak mengenal atau tak asing lagi dengan nama-nama pejabat atau tokoh-tokoh bangsa, namun perlu juga kita mengenal orang-orang disekitar kita, khususnya para petani  yang juga punya peran penting sebagai ujung tombak hasil pertanian yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat umum.

Nah, sekarang disini kita akan coba mengenal seorang wanita tani ialah Sri Wahyuni atau yang lebih akrab disapa Mbak Yuyun, Mbak Yuyun merupakan istri dari Bapak Suratman Sekdes Desa Adi Mulyo Kecamatan Panca Jaya. Mbak Yuyun  sebagai Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Al Barokah Desa Adi Mulyo Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji.

Berbekal ilmu farmasi yang telah menyatu dalam kehidupannya, kini pekarangan Mbak Yuyun banyak ditanami jenis tanaman yang bermanfaat untuk obat, seperti jenis sayuran, buah, tanaman pangan maupun empon-empon, lebih ringkasnya Mbak Yuyun banyak mengoleksi Tanaman obat keluarga atau biasa disingkat Toga. “Timbulnya semangat dan senang mengoleksi toga ini karena tahu akan kandungan dan manfaat dari tanaman dan ditambah pengalaman setelah mengonsumsinya”, ujar Ibu dari dua anak ini.

Berikut ini, beberapa jenis tanaman toga milik mbak Yuyun dan juga manfaat yang harus kita ketahui.

# Pegagan (Centella asiatica )

Selama ini, daun pegagan dikenal sebagai salah satu spesies tanaman liar yang umumnya tumbuh di sekitar area perkebunan, persawahan, ladang, hingga pinggiran jalan.

Centella asiatica atau daun pegagan mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer. Hal ini lantas menghasilkan manfaat daun pegagan untuk mengatasi pelbagai masalah kesehatan tubuh.

Manfaat pegagan untuk kesehatan yang perlu kita ketahui:

Pada penderita insufisiensi vena dan varises, daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk memperlancar aliran darah dan meredakan gejala-gejalanya seperti kaki terasa berat, nyeri, dan membengkak.

Studi yang dirilis oleh jurnal Angiology mengungkapkan bahwasanya pegagan juga efektif untuk mengobati kondisi hipertensi vena.

Kandungan triterpenes yang tak lain adalah zat anti-radang ditengarai menjadi penghasil manfaat daun pegagan yang satu ini. Triterpenes berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka, di samping meningkatkan antioksidan dan suplai darah menuju area kulit yang terluka.

 # Jahe  (Zingiber officinale)

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak manfaat jahe lainnya yang bisa kita dapatkan. Jahe dapat pula dicampur gula merah dapat berfungsi sebagai obat batuk dan menghangatkan badan.

# Temulawak (Curcuma zanthorrhiza)

Rimpang temulawak mengandung obat antioksidan. Hal itu disebabkan karena adanya flavonoid, fenol serta kurkumin. Manfaat temulawak bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, di antaranya: Untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengalami kolitis ulseratif menunjukkan kondisi yang semakin membaik setelah rutin mengonsumsi temulawak.

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah. Temulawak dipercaya bisa menjadi obat yang ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak. Temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali. Berikan temulawak pada anak dalam bentuk yang sudah diekstrak agar aman dan nyaman saat dikonsumsi. Selain itu temu lawak dapat digunakan sebagai obat maag yakni dengan cara dicampur madu.

# Kencur ( Kaempferia galangal )

Kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang biasanya dijadikan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu, terutama di Asia Tenggara.

Berikut sejumlah kandungan nutrisi dalam kencur: Zinc, Pati, Ethyl aster, Paraeumarin, Borneol, Asam sinamat, Protein, Serat, Kalium, Fosfor, Magnesium, Zat besi, Mangan, Kobalt, Nikel.

Kencur menjadi salah satu bahan jamu atau obat herbal yang sudah sangat populer, yaitu jamu beras kencur. Selain sebagai jamu, kencur juga bisa dikonsumsi secara langsung, diekstrak menjadi serbuk, dan diekstrak menjadi minyak.

Berikut adalah sejumlah manfaat kencur yang bisa kita dapatkan:

Menambah nafsu makan karena memiliki kandungan minyak atsiri. Kencur biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Fungsinya untuk menambah nafsu makan biasanya ditujukan untuk anak-anak, sedangkan pada orang dewasa kencur bisa menjadi penambah stamina tubuh.

Sensasi hangat dari kencur dipercaya bisa mengobati pilek. Orang yang menderita pilek dianjurkan untuk minum ramuan yang terbuat dari kencur. Ini karena kehangatan dalam kencur dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pilek.

Beberapa kandungan dalam kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk. Sensasi hangat dalam ramuan kencur dalam bentuk minuman juga bisa menetralkan batuk dan rasa pegal karenanya. Oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang sedang batuk minum ramuan ini agar merasa hangat dan lega.

Menurut Mbak Yuyun semua jenis tanaman yang berada di pekarangannya adalah tanaman yang mempunyai peranan bagi kesehatan tubuh. Dalam merawat tanaman tersebut Mbak Yuyun menggunakan Pupuk Organik Cair (POC), Mikro Organisme Lokal (MOL) dan akan digunakan juga Pupuk Kompos.

Diharapkan semua anggota KWT AlBarokah dan masyarakat sekitar dapat meniru kegiatan yang dilakukan Mbak Yuyun. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan kita tentang kandungan dan manfaat tanaman disekitar kita, sehingga dapat menambah semangat kita untuk menanamnya dan memanfaatkan tanaman disekitar kita sebagai usaha menjaga kesehatan. Dan pada Allah_lah kita serahkan hasilnya karena hanya atas izinNya sesuatu bisa mendatangkan manfaat. (Ika Rahmawati_ P.Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here