KEGIATAN POSYANDU TERNAK SAPI DI DESA GEDUNG MULYA

0
33
views

Hari Rabu Tanggal 23 Juni 2021 dilaksanakan Posyandu ternak di desa Gedung Mulya di Kelompok ternak sapi Barokah Jaya, dimana kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi dari Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan)Tanjung Raya untuk melakukan pelayanan kesehatan hewan sesuai dengan tugas dan fungsi yang dicantumkan di SK Kepala Dinas no. KP.01.03/161/IV.05/MSJ/2021 tentang penempatan petugas puskeswan , petugas pos inseminasi buatan (IB) , dan pengawas kandang ternak Kabupaten Mesuji pada tgl 11 Januari tahun 2021.

Kepala Bidang Peternakan ir.Joni Hendri,MM mengatakan ,Posyandu ternak mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak melalui kesehatan hewan, apabila ternak mereka sehat di harapkan dapat meningkatan penghasilan peternak. Posyandu ternak dilakukan melalui kelompok tani ternak, namun pemilik ternak yang berada di sekitar loksai meskipun di luar kelompok juga dapat mengambil manfaat dari kegiatan posyandu ternak ini sehingga memiliki dampak yang luas dan berguna bagi pemilik ternak.
Posyandu Ternak mulai dilaksanakan setiap setahun sekali pada beberapa tahun yang lalu , kemudian diperlukan pembinaan lebih intensif dan juga tersedianya anggaran mulai tahun 2019 kegiatan Posyandu Ternak kemudian rutin dilakukan setiap bulan sekali pada kelompok binaan di bawah wilayah kerja puskeswan tanjung raya. Selain di desa Gedung Mulya , posyandu ternak juga dilakukan di desa lain yang berada dalam wilayah binaan Puskeswan Tanjung Raya yaitu desa Berasan Makmur, Desa Mekar Sari, Desa Gedung Ram , dan Desa Bujung Buring.
Bermacam kegiatan pelayan kesehatan hewan dilakukan di Posyandu ternak selain pemeriksaan kesehatan hewan ternak dengan pemberian obat cacing dan vitamin secara rutin , juga dilakukan pemeriksaan kebuntingan, pemberian vaksinasi jembrana pada ternak khusus sapi bali juga kegiatan kawin suntik (IB) apabila ada ternak betina yang birahi, serta membagi informasi terbaru tentang kejadian penyakit di masyarakat serta pemasangan eartag utuk peserta asuransi ternnak sapi (AUTSK).
Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh, Zainal Indrianto mengatakan “Sebanyak 75 ekor ternak sapi diberikan pelayanan kesehatan hewan sesuai kebutuhan melalui pemberian vitamin sebanyak 75 ekor , pemberian obat cacing 34 ekor, pemeriksaan kebuntingan 11 ekor, pemberian vaksinasi jembran pada sapi bali 7 ekor dan 20 ekor pemasangan eartag untuk asuransi ternak sapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here