Ayo ke Puskeswan, Dapatkan layanan kesehatan hewan untuk semua

0
19
views

Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai unit pelayanan kesehatan hewan terpadu memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat yaitu pelayanan diagnosa penyakit, pengobatan, penanganan masalah reproduksi dan kesehatan masyarakat veteriner di kecamatan.

Dalam rangka meningkatkan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan dan mewujudkan peningkatan populasi hewan dengan produktivitas dan reproduktivitas yang tinggi, status kesehatan hewan yang optimal, lingkungan dan ekosistem yang aman serta produk hewan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH) diperlukan pelayanan kesehatan hewan yang profesional. Pelayanan veteriner yang profesional harus dapat melayani langsung kepada masyarakat peternak yang membutuhkan, terutama dalam penanganan penyakit hewan, pelayanan reproduksi dan permasalahannya, penerapan kewaspadaan dini dan diseminasi informasi dan pelayanan terkait penyakit hewan lainnya. Kelembagaan kesehatan hewan milik pemerintah yang melakukan pelayanan secara langsung kepada masyarakat ditingkat kecamatan pada saat ini dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Oleh karena itu keberadaan Puskeswan sangat diperlukan.

Puskeswan merupakan sebagai pusat pelayanan di sub sektor peternakan berfungsi sebagai ujung tombak bidang kesehatan hewan yang mempunyai tugas pokok melakukan pelayanan bidang kesehatan hewan. Tujuan pelayanan yang diberikan oleh puskeswan adalah untuk menciptakan, memelihara, dan meningkatkan kualitas status kesehatan hewan atau ternak agar produktifitasnya dapat maksimal.

Ayo ke Puskeswan, Pusat Kesehatan Hewan. Dapatkan layanan kesehatan hewan untuk semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here