Pengeringan Solar Dryer Dome

0
10
views

Pengeringan  merupakan salah satu bentuk pengolahan pascapanen produk pertanian. Tujuan pengeringan untuk mengurangi kandungan air antara lain untuk meningkatkan kualitas komoditas hasil pertanian dan memperpanjang ketahanan produk.

Pada umumnya petani maupun pelaku usaha pengolahan hasil hortikultura di Indonesia melakukan pengeringan mengandalkan sinar matahari. Meskipun metode ini murah namun produk yang dikeringkan seringkali mengalami kerusakan besar yang disebabkan oleh hujan, serangga, burung dan jamur.

Untuk itu saat ini tersedia alternatif yang lebih baik, memanfaatkan sumber energi matahari yang tidak terbatas dan efektif, yaitu solar dryer dome.

Solar dryer dome ini merupakan kubah dengan inkubator ruangan tertutup seperti green house dan sekilas mirip dengan solar tunnel.  Bedanya adalah greenhouse dan solar tunnel biasanya masih menggunakan bahan PET untuk cover bangunan. Sementara solar dryer dome menggunakan bahan polycarbonate yang mampu bertahan 10 hingga 30 tahun. Karakteristik dari polycabonate yang digunakan menyerap panas matahari dan menyalurkannya ke dalam ruangan. Selama proses pengeringan, uap air akan naik karena berkurangnya kandungan air komoditas pertanian yang dikeringkan. Kipas exhaust akan menghisap udara di dalam ruangan bersamaan dengan uap air.

Keuntungan menggunakan solar dryer dome dibanding pengeringan tradisional adalah pengeringan menjadi dua kali lebih cepat. Selain itu pada saat malam hari petani tidak perlu mengeluarkan produknya dari dome, produk menjadi lebih hygiene dan terhindar dari serangga

Keunggulan solar dryer dome ini umur produk lebih lama, aroma produk tetap kuat, rasa produk tidak hilang dan mutu berkualitas tetap terjaga.

Sumber : sipp.menpan.go.id & hortikultura.pertanian.go.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here