Pendampingan kunjungan kerja Komisi IV DPR-RI ke Mesuji

0
78
views

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, SP., MM mendamping kunjungan kerja Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Partai Golkar, Ir. Hanan Abdul Rozak, M.S ke daerah pemilihan Lampung II, tahun sidang 2021-2022. Kunjungan Kerja dilakukan dalam rangka  mengetahui dan meninjau langsung permasalahan-permasalahan yang dihadapi mitra kerja  didaerah dibidang pertanian, kelautan dan perikanan serta lingkungan hidup dan kehutanan. Hal ini sejalan pula dengan tugas dan fungsi Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji yang menyelenggarakan sebagian urusan pemerintah kabupaten di bidang pertanian, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan.

Pariman memaparkan bahwa Kelembagaan petani baik kelompoktani maupun gabungan kelompoktani harus terregisterasi dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Registerasi kelembagaan petani merupakan syarat wajib kelompoktani untuk dapat mengakses bantuan yang sumber dananya berasal dari APBN dan APBD.

“Bantuan yang telah diberikan baik sarana prasarana, modal kerja, alat mesin pertanian harus dikelola dengan manajemen yang handal dengan tetap mengutamakan kebutuhan kelompoktaninya. Dengan manajemen yang baik diharapkan kelompoktani dapat mandiri dan mensejahterakan anggota kelompoktaninya” tutur Pariman.

Senada dengan Pariman, Ir. Hanan Abdul Rozak, M.S menjelaskan bahwa dalam acara ini pula, saya ingin memverifikasi kelompoktani penerima bantuan combine harvester padi melalui Dinas Pertanian dan bertemu petani secara langsung di lapangan.

“ Saya kirim 20 unit pompa air dan akan bangun jalan usaha tani dengan spesifikasi cor beton setebal 15 cm dengan lebar 1,5 m dan panjang sesuai dengan kebutuhan dilapangan’’ tambah Hanan, menanggapi aspirasi ketua gabungan kelompoktani (Gapoktan) dari Desa Wonosari yang membutuhkan Jalan Usaha Tani dan pompa air untuk irigasi sawah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KTNA Kabupaten Mesuji, Ketua DPD Golkar Kabupaten Mesuji, Camat Mesuji Timur, Jabatan Fungsional Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Koordinator Penyuluh Pertanian Mesuji Timur, Kepala Desa Tanjung Mas Jaya, babinsa, bhabinkamtibmas dan perwakilan kelembagaan petani.(Zae)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here